Kunjungan Ketua DPRD Kota Bandung H.Teddy Rusmawan ke Puskesmas

www.wartagaluh.com Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bandung, H. Tedy Rusmawan, AT., MM, mengunjungi beberapa Puskesmas di Bandung Timur, Selasa, (14/4/2020). Kunjungan tersebut dilakukan untuk mengecek kesiapan Puskesmas-puskesmas dalam penanganan virus Covid-19 di Kota Bandung.
Menurut Tedy, Puskesmas di Bandung Timur telah melakukan Standar Operasional dan Prosedur (SOP) yang baik dalam penanganan Covid-19.
“Alhamdulillah di setiap Puskesmas secara umum sudah ada penerapan SOP penanganan Covid-19 sesuai dengan instruksi Menteri Kesehatan. Jadi, ketika masyarakat datang ke Puskesmas ada pengecekan thermogun, hand sanitizer, dan ketika masyarakat masuk, sudah ada pendeteksi dini,” jelasnya.
Salah satu dokter Puskesmas Sekejati, Dr. Yepi Rismawati mengakui, pihaknya memberlakukan protokol kesehatan sesuai prosedur. Pemisahan dilakukan bagi pasien yang demam, batuk dan flu.
“Kami mulai dari pintu masuk. Setiap pengunjung dithermal scanner dan diukur suhu tubuhnya. Jika suhu tubuhnya 37 ke atas, maka dimasukan ke ruangan terpisah, kemudian pasien atau pengunjung diarahkan untuk menggunakan handsanitizer. Tapi kami membudayakan cuci tangan memakai sabun. Pemisahan pasien itu seperti yang flu batuk dipisahkan dengan pasien lainnya, tidak dicampur,” papar Yepi.
Terkait kesiapan SDM, Tedy Rusmawan menyatakan, baik dokter maupun tenaga medis lainnya secara umum memadai.
“Untuk kesiapan SDM, alhamdulillah secara umum telah memadai, baik dokter atau tenaga medis lainnya,” katanya.
DPRD Kota Bandung mengapresiasi kinerja Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung, khususnya Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung dan Puskesmas-puskesmas dalam kesiapan dan penanganan Covid-19 ini.
“Saya apresiasi kepada pemerintah, khususnya Dinas Kesehatan Kota Bandung yang telah menyampaikan dan menyerahkan fasilitasnya bagi tenaga medis untuk lebih dahulu dicek,” terangnya.
Selain itu, pihaknya juga mengapreasiasi Puskesmas, dokter, dan tenaga medis yang telah memberikan pelayanan kepada masyarakat dari Senin sampai Sabtu.
“Ini salah satu konstribusi luar biasa bagi Kota Bandung,” ujarnya.
Tedy berharap dan berdoa dengan usaha tersebut, keadaan semakin membaik.
“Mudah-mudahan penanganan Covid-19 di Kota Bandung bisa berjalan dengan baik. Kita berdoa kepada Allah Swt, mudah-mudahan wabah Covid-19 ini bisa segera berkurang bahkan bisa segera hilang,” pungkasnya.
  • Bagikan melalui: