100 Tahun ITB, Jokowi Mengucapkan Selamat

www.wartagaluh.com  BANDUNG - Institut Teknologi Bandung (ITB) merupakan sekolah tinggi teknik pertama di Indonesia yang didirikan pada tanggal 2 Maret 1959 di Jawa Barat yang mengemban misi pengabdian ilmu pengetahuan dan teknologi untuk memajukan Indonesia. 

Begitu pula, kemarin pada Jumat 3 Juli 2020 Institut Teknologi Bandung (ITB) genap 100 tahun.

Presiden RI Joko Widodo pun turut menghadiri peringatan 100 tahun ITB secara virtual dalam konferensi pers yang digelar.

"Saya merasa senang dan bangga telah hadir walau pun secara virtual di tengah keluarga besar Institut Teknologi Bandung (ITB)," ungkap Presiden  dalam akun Instagram pribadinya @jokowi.

Menurutnya, ITB merupakan institusi pendidikan teknik tertua yang berada di Indonesia.

ITB juga merupakan tempat Presiden pertama RI Soekarno mencari ilmu dan berlatih soal kepemimpinan.

Tidak hanya itu, Menteri Keuangan dalam Kabinet Kerja I, Djuanda Kartawidjaja, pun turut menimba ilmu dan membangun kecintaannya pada Tanah Air di ITB.

"BJ Habibie mengawali jejak sebagai engineer, dan banyak tokoh besar bangsa yang lainnya lahir," tambahnya.

Selain dikenal sebagai perguruan tinggi teknik, lanjut Presiden Jokowi, ITB juga mengembangkan pendidikan di bidang seni, humaniora, dan kebudayaan.

Salah satu tokoh pendiri sistem pendidikan seni di Indonesia, Sjafei Sumardja, pun turut membantu ITB dalam mengembangkan bidang seninya.

Sehingga, musisi legendaris Indonesia Sam Bimbo, seniman I Nyoman Nuarta, atau Iskandar Alisyahbana, bapak sistem komunikasi satelit kita juga merupakan lulusan ITB.

"Semua itu menunjukkan bahwa ITB sangat mewarnai perjalanan besar sejarah Indonesia," tambahnya.

Presiden Jokowi juga berharap, di tengah persaingan global yang kompetitif, peran pendidikan perguruan tinggi termasuk ITB harus semakin signifikan.

Pendidikan perguruan tinggi pun menurutnya harus menjadi pemandu perubahan besar, mengagas inovasi dan trobosan dan membuat Indonesia semakin disegani.

"Selamat Ulang Tahun ke-100 Intitut Teknologi Bandung," tutupnya.

  • Bagikan melalui: