5 Orang Positif Covid-19, Pasar Cimindi-Pasar Batas Kota Bandung Ditutup 3 Hari

www.wartagaluh.com BANDUNG – Covid-19 adalah penyakit menular yang disebabkan oleh SARS-CoV-2, salah satu jenis koronavirus.

Penyakit ini mengakibatkan pandemi koronavirus 2019–2020.

Adapun, Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kewilayahan Kecamatan Andir melakukan penutupan pasar Cimindi yang berada di Kecamatan Andir, Kota Bandung dan Pasar Batas Kota. Penutupan tersebut dilakukan setelah ditemukannya kasus positif pada pedagang pasar.

Ketua Gugus COVID-19 Kecamatan diwakili Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Andir Uba Rinaldy mengatakan penutupan ini dilakukan selama tiga hari dari 6 Juli hingga 8 Juli 2020.

"Kita melakukan tracing bagi 97 pedagang di Pasar Cimindi, ditemukan reaktif 15 dan dilanjutkan swab test. Setelah itu terkonfirmasi positif tanpa gejala (OTG) sebanyak empat orang," katanya,Kota Bandung, Senin (6/7/2020).

Dia mengatakan, keempat OTG tersebut sedang melakukan isolasi mandiri. Dua orang berasal dari Cimahi dan ditangani oleh Dinkes setempat, sementara satu orang isolasi mandiri di rumah dan satu lagi diserahkan ke BPSDM Cihanjuang.

Sementara itu, di Pasar Batas Kota tracing 47 rapid test ditemukan reaktif 15 dan swab test dinyatakan satu orang positif terpapar COVID-19. "Penutupan serentak, yang pasar batas kota kan banyak pembeli, pencegahannya itu ya dengan ditutup," ujarnya.

Dia mengatakan, satu orang terkonfirmasi positif di Pasar Batas Kota sudah isolasi mandiri dan ditangani oleh BPSDM. Jumlah total pedagang di pasar ini sekitar 50 orang.

Kepala Kelurahan Cempaka Asep Aceng mengatakan, bentuk penutupan pasar ini juga menjadi peringatan bagi pedagang untuk menerapkan pola hidup bersih dan melaksanakan protokol kesehatan COVID-19.

"Nah yang jarang dilakukan adalah menggunakan sarung tangan, pedagang kan banyak. Dan mereka juga pulang ke rumah tolong mandi dan baju ganti jadi jangan memberikan efek samping kepada keluarga," katanya.

Setelah dilakukan penutupan, pihaknya bekerja sama dengan UPT Puskesmas Garuda akan melakukan rapid test ulang bagi pedagang di Pasar Cimindi dan Pasar Batas Kota untuk mengetahui tracing dan menjaga keamanan bagi pengunjung.

"Setelah konsultasi dengan dokter Ilham dari UPT Puskesmas Garuda dalam waktu dekat akan melakukan rapid test lagi. Kita juga ingin mengamankan pengunjung. Mereka juga jadi pendatang akan diimbau untuk menjaga pola hidup sehat," ujarnya.

 

  • Bagikan melalui: