Puluhan Pegawai Gedung Sate yang Positif Corona Merupakan OTG

www.wartagaluh.com BANDUNG - Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Jawa Barat (GTPP Jabar) Setiawan Wangasaatmaja menegaskan semua pegawai Gedung Sate yang terpapar virus Corona merupakan Orang Tanpa Gejala (OTG).

"Dari 1.260 orang yang diperiksa, yang terpapar positif ada 40 orang. Kemudian 17 orang dikarantina di BPSDM, mayoritas dan sisanya karantina mandiri di rumahnya masing-masing, semua yang terpapar adalah OTG," ujar Setiawan di Makodam III Siliwangi, Kota Bandung, Senin (3/8/2020).

Kendati begitu, ujar Setiawan, kewaspadaan tetap dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya penularan yang lebih luas. "Jadi tanpa bergejala tapi tetap kami waspadai, kontak tracing kami lakukan beberapa telah dilakukan tes swab, tapi hasilnya belum keluar," ujar Setiawan.

Sedangkan untuk sejumlah orang yang teridentifikasi melakukan kontak erat, tengah melakukan isolasi mandiri. "Semua yang terdata kini dilakukan isolasi mandiri," katanya.

Sebelumnya, ia menegaskan, pemeriksaan kontak erat ini, kemungkinan akan mengarah ke 800 orang. Rasionya, satu orang untuk 20 orang.

"Belum bisa disebut klaster ya. Untuk bisa menjelaskannya, masih perlu analisis lebih dalam," katanya.

Puluhan kasus terkonfirmasi ini, sebelumnya ditemukan melalui swab test masif yang dilakukan pada 27 - 29 Juli 2020 yang lalu di Aula Timur dan Aula Barat Gedung Sate. Dalam pemeriksaan itu, Pemprov Jabar menyediakan hingga 2.000 alat tes.

Dilihat dari aspek usia, 40 persen dari 40 orang tersebut berusia di rentang 31 - 40 tahun. Lalu 30 persen di antaranya 20 sampai 30 tahun. Kemudian sisanya menyebar di usia 50 dan ada yang masih berusia 19 tahun.

Akibat ditemukannya puluhan orang yang terinfeksi COVID-19, area Gedung Sate pun ditutup sementara dari 30 Juli hingga 14 Agustus 2020. Para pegawai pun kembali diinstruksikan untuk bekerja dari rumah.

  • Bagikan melalui: