Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menerima sertifikat Maturasi SPIP Level 3 dari BPKB

www.wartagaluh.com BANDUNG - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menerima sertifikat Maturasi Sistem Pengendalian Internal Pemerintah (SPIP) Level 3 dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

Maturasi SPIP Level 3 merupakan tingkat kematangan implementasi SPIP dengan status “Terdefinisi.” Artinya, Pemkot Bandung telah melaksanakan praktik pengendalian internal dan telah terdokumentasi dengan baik.

Kepala BPKP Provinsi Jawa Barat, Mulyana menyerahkan langsung sertifikat tersebut kepada Wali Kota Bandung Oded M. Danial di Balai Kota Bandung, Selasa 25 Agustus 2020.

Menurut Mulyana, hal tersebut menunjukkan tingkat pengendalian internal Pemkot Bandung telah dijalankan dengan efektif dan efisien.

“Artinya penyelenggaraan SPIP sudah terintegrasi dan menjamin kualitas pelayanan yang ada menjadi efektif dan efisien,” jelas Mulyana.

Kota Bandung menjadi satu dari 18 kota/kabupaten di Jawa Barat yang telah mendapatkan Maturasi SPIP Level 3 dari BPKP. Predikat ini menegaskan kepada publik bahwa sistem pengendalian internal di Pemkot Bandung telah terukur.

Setelah mendapatkan sertifikat Maturasi SPIP Level 3, lebih lanjut Mulyana mengarahkan Kota Bandung untuk memiliki sistem manajemen risiko level 3. Sistem tersebut guna meningkatkan antisipasi pemerintah dalam menghadapi situasi krisis di masa mendatang.

“Salah satu indikator yang dibebankan menjadi tanggung jawab instansi pemerintah yaitu pencapaian indeks manajemen risiko level 3. Tugas kita bersama pimpinan instansi pemerintah untuk menciptakan pengendalian risiko menjadi baik dan efektif,” ungkap Mulyana.

Sementara itu, Wali Kota Bandung, Oded M. Danial mengucapkan terima kasih kepada BPKP serta mengapresiasi jajarannya atas diraihnya maturasi SPIP Level 3 ini.

Menurutnya, raihan ini menunjukkan adanya perbaikan manajemen pemerintahan di jajarannya. Untuk itu ia juga berharap hal baik ini terus dilanjutkan.

“Saya berterima kasih kepada seluruh jajaran, terutama Inspektorat Kota Bandung, atas kinerja yang optimal dan membuahkan hasil yang baik. Tentu kami juga berterima kasih atas arahan dan bimbingan dari BPKP sehingga maturasi SPIP level 3 bisa didapat,” ucap Oded.

Ia pun meminta bimbingan BPKP agar Kota Bandung juga bisa memiliki indeks manajemen risiko level 3 sebagaimana yang diwajibkan oleh pemerintah pusat. Koordinasi dengan BPKP, menurutnya, adalah cara terbaik untuk meningkatkan kapabilitas Pemkot Bandung.

“Mohon nanti kami dibimbing,” pinta Oded.

  • Bagikan melalui: