Tim Penggerak PKK KBB Laksanakan Monitoring Bina Wilayah di Desa Mekar Jaya

www.wartagaluh.com BANDUNG – PKK merupakan organisasi kemasyarakatan yang memberdayakan wanita untuk turut berpartisipasi dalam pembangunan Indonesia.

Pada hari Selasa (1/9) Tim Penggerak PKK di KBB melaksanakan monitoring bina wilayah 10 program dan 5 lomba tingkat Kabupaten di Desa Mekar Jaya.

Dalam kesempatan itu tim penggerak PKK dari KBB di dihadiri oleh Wakil Ketua Tim Penggerak PKK KBB Ny. Hj. Julaeha Sunarya beserta jajarannya, hadir pula pada kesempatan itu Camat Cikalong Wetan, Weda Wardiman beserta jajaran Muspika Kecamatan Cikalong Wetan, serta Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Cikalong Wetan, Ny. Maya Damayanti Weda beserta jajarannya.

Kades Mekar Jaya, Obar Sobarna

Sementara itu Kades Mekar Jaya, Obar Sobarna mengatakan, “Peran PKK sangat penting dalam mendukung program program pemerintah di desa nya untuk membangun generasi yang lebih baik dikemudian hari. Saya harap, Tim Penggerak PKK di Desa Mekar Jaya agar lebih maju lagi dalam mendukung program program yang sudah di tetapkan oleh Tim Penggerak PKK di tingkat kabupaten maupun di tingkat Kecamatan”,ujarnya.

“Terimakasih kepada Tim Penggerak PKK KBB dan Tim Penggerak Kecamatan Cikalong Wetan yang sudah hadir dalam acara ini, dan diharapkan dapat memotifasi Tim Penggerak PKK di Desa Mekar Jaya untuk lebih giat lagi dalam menjalankan tugasnya”, ujar Obar.

“Desa Mekar Jaya meliputi 20 RW dan 53 RT dengan luas wilayah 87.984 ha, jumlah KK sebanyak 2.693 KK, jumlah penduduk laki-laki sebanyak 4.079 jiwa dan jumlah penduduk perempuan sebanyak 4.065 jiwa dan jumlah total penduduk 8.144 jiwa”, tambahnya.

Ketua penggerak PKK Desa Mekar Jaya, Ny. Dewi Ermirawati Sobarna

Ketua penggerak PKK Desa Mekar Jaya, Ny. Dewi Ermirawati Sobarna dalam sambutannya mengatakan, “Dalam pelaksanaan nya tim penggerak PKK terbagi ke dalam 4 kelompok yang tergabung dalam kelompok kerja (Pokja)” ujarnya.

“Kegiatan Pokja 1 mengadakan kegiatan pengajian rutin yang di laksanakan secara bergilir ke setiap RW di wilayah Desa Mekar Jaya, selain itu memberikan sosialisasi dan penjelasan tentang Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT)”, tuturnya.

“Kegiatan untuk Pokja 2 adalah mengadakan pembinaan kelompok pendidikan usia dini Paud hingga saat ini sudah ada di 7 RW, selain itu pokja 2 juga melakukan pembinaan untuk BKB”, tambah dewi.

“Untuk kegiatan di Pokja 3 yaitu mengadakan pembinaan sosialisasi rumah layak huni dan sehat. Dan kegiatan untuk pokja 4 adalah melakukan penyuluhan KB atau Keluarga Berencana, dan juga melaksanakan penimbangan balita dan imunisasi balita”, ungkapnya.

Dewi menerangkan bahwa Desa Mekar Jaya sekarang ini terpilih untuk mewakili Kecamatan Cikalong Wetan menjadi lokasi bina wilayah untuk tingkat Kabupaten Bandung Barat, namun ia juga mengungkapkan keterbatasan kader yang dinilai kurang untuk wilayah Desa Mekar Jaya.

  • Bagikan melalui: