Bioskop Outdoor di Kiara Artha Park Disentil Walhi, Bikin Polusi Udara dan Pemanasan Global

www.wartagaluh.com BANDUNG - Pembukaan bioskop outdoor di Kiara Artha Park, Jalan Kiaracondong, Kota Bandung berpotensi menimbulkan polusi udara dari asap kendaraan bermotor.

Dalam bioskop outdoor, penonton harus tetap berada di dalam mobil untuk mencegah kerumunan di masa pandemi Covid 19.

Tribun meminta tanggapan Direktur Walhi Jabar Meiky Wemly Paendong pada Jumat (4/9/2020) via ponselnya soal pencemaran udara dari kendaraan bermotor saat berlangsungnya bioskop outdoor.

Dia menerangkan, pelaksanaan bioskop outdoor di masa pandemi mencerminkan bahwa kepentingan ekonomi jadi utama di banding lingkungan. Di Jakarta, konser musik digelar. Penontonnya tetap harus berada di dalam mobil dengan kondisi mesin dan AC menyala.

"Sedangkan kondisi itu dampak jangka pendeknya akan mencemari kualitas udara disitu yang berasal dari asap kendaraan bermotor," ujar Meiky.

Saat ini, dunia sedang berjibaku mengatasi pemanasan global yang diakibatkan polusi udara dari aktifitas industri, penggunaan AC hingga aktifitas kendaraan bermotor.

Konsep bioskop outdoor dengan mengharuskan penontonnya tetap di dalam mobil dengan mesin menyala, akan menyumbang percepatan pemanasan global dan perubahan iklim.

"Dalam konteks global, kadar emisi kendaraan dari bahan bakar yang terbuang ke udara ini akan berdampak pada peningkatan emisi sehingga emisi ini akan tertahan di atmosfer," ujar dia.

Emisi dari kendaraan bermotor menghasilkan salah satunya hidro karbon (HC), karbonmonoksida (CO), karbon dioksida (CO2).‎ Jika Co dan CO2 dari kendaraan bermotor tertahan di udara, menghasilkan efek gas kaca kemudian berpotensi memperbesar resiko perubahan iklim.

"Dalam skala mikro selain mencemari kualitas udara, kan percuma juga penonton di dalam mobil, kaca jendela dibuka, hirup udara dari mesin kendaraan lain," ujarnya.

Sedangkan, CO dan CO2 dari kendaraan selain berbahaya bagi lingkungan udara, juga berbahaya bagi kesehatan manusia.

"Sehingga memang, bioskop outdoor ini perlu dipertimbangkan tidak hanya ‎aspek ekonomi juga, tapi harus diperhatikan dengan menerapkan standar operasional. Seperti selama pertunjukan harus mematikan mesin kendaraan dan kalau mesin harus dihidupkan, perlu ada dokumen UKL dan UPL," ucap dia.

Wakil Walikota Bandung Yana Mulyana sempat meninjau kesiapan bioskop outdoor di Kiara Artha Park. Kata dia, selama pertunjukan berlangsung, setiap penonton tidak boleh keluar dari kendaraan untuk menghindari kerumunan.

"Jadi kalaupun harus digelar, pengunjung bioskop outdoor ini harus mematikan kendaraannya. Kemudian dipertegas dengan aturan oleh pengelola," ucap dia.

  • Bagikan melalui: