Pelatihan Peningkatan SDM Menuju Produk UMKM GO DIGITAL 2021

Pandemi COVID-19 diharapkan menjadi momentum untuk mengakselerasi Indonesia Digital. Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia merupakan salah satu pilar utama perekonomian nasional. Maka tak heran jika sektor UMKM terganggu maka ekonomi nasional juga terganggu.

Bandung menjadi kota pertama dalam rangkaian Roadshow DIGITALISASI NEGERI--- Pelatihan Peningkatan Sumber Daya Manusia Menuju Produk UMKM GO Digital 2021. Kegiatan ini digelar secara hybrid, tidak kurang dari 200 orang pelaku UMKM mengikuti kegiatan ini secara virtual melalui platform Zoom, bersamaan dengan 30 pelaku UMKM lainnya mengikuti kegiatan secara tatap muka di Ballroom Hotel Horison.

Kegiatan yang diselenggarakan pada tanggal 29-30 Januari 2020 ini, diinisiasi oleh Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi ( BAKTI ) Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, bekerjasama dengan DPD KNPI Kota Bandung.

Wakil walikota Bandung berkenan membuka kegiatan ini secara resmi, dalam  sambutannya wakil walikota Bandung, Yana Mulyana menyampaikan apresiasi kepada penyelenggara. yang dibutuhkan UMKM hari ini bukan urusan modal tapi urusan pemasaran, dengan diselenggarakannya kegiatan ini Wakil Walikota berharap para pelaku UMKM bisa lebih kreatif, inovatif, sekaligus bisa memperluas pangsa pasarnya, sehingga para pelaku UMKM bisa meningkatkan pendapatannya.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Asep Komarudin sebagai  Sekretaris DPD KNPI Jawa Barat, Kang Askom begitu beliau biasa disapa mengharapkan agar kegiatan ini menjadi inspirasi untuk tumbuhnya UMKM berbasis digital di Kota Bandung dan Jawa Barat, dalam rangka menghadapi era globalisasi, modernisasi dan digitalisasi, dengan diselenggarakannya kegiatan ini semoga pemuda kota Bandung dan Jawa Barat dapat berkontribusi demi terwujudnya harapan tersebut.

Sementara itu, ketua DPD KNPI Kota Bandung, Hendra Guntara dalam sambutannya menyampaikan bahwa diselenggarakan nya kegiatan ini sebagai salah satu bentuk upaya KNPI Kota Bandung dalam mengajak para pemuda yang bergerak di bidang UMKM untuk berperan aktif dalam pemulihan sistem per ekonomian Nasional yang terguncang oleh badai pandemi covid 19. Karena UMKM di anggap pondasi perekekonomian Nasional, Harapan nya, para pengurus knpi kota bandung, DPK KNPI dan okp se kota bandung yang bergerak di bidang umkm mampu menjadi motor penggerak agar umkm kota bandung lebih kreatif dalam memperluas pasarnya.

Bakti sebagai inisiator kegiatan ini, menyampaikan bahwa pada alumni kegiatan ini diberikan kesempatan untuk mengikuti pendampingan.

Dihari pertama peserta diberikan materi manajemen bisnis untuk UMKM Ynsnh disampaikan oleh Hj. Siti Mufattahah. Psi, M.B.A, pada sesi ini dikupas tuntas mengenai delapan manajemen yang harus dikuasi oleh para pelaku UMKM,dari mulai manajemen keuangan sampai dengan manajemen pemulihan, pemateri juga memberikan motivasi agar para pelaku UMKM Bisa memperluas pangsa pasar sampai ke luar negeri.
Sementara itu dihari kedua peserta diberikan materi mengenai keuangan digital juga materi tentang media sosial.

Kegiatan ini di selenggarakan 29-30 Januari 2021 di ballroom hotel horison dan Untuk peserta hanya di batasi untuk 30 UMKM dari berbagai elemen, terbatas karena situasi dan kondisi.

Kota Bandung, www.wartagaluh.com

  • Bagikan melalui: