Raker Pansus 2 Terkait Perubahan RPJMD 2018 - 2023

Panitia Khusus (Pansus) 2 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bandung melaksanan Rapat Kerja dengan Tim Penyusun Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Bandung membahas terkait perubahan RPJMD 2018-2023, di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kota Bandung, Rabu (2/6/2021).

Rapat dipimpin langsung oleh Ketua Pansus 2 Iman Lestariyono, S.Si, Wakil Ketua Pansus 2 Drs. Heri Hermawan serta dihadiri anggota Pansus 2 lainnya, drg. Maya Himawati, Dr. Rini Ayu Susanti, SE, M.Pd, Hj Salmiah Rambe, S.Pd.I, H. Yusuf Supardi, S.IP, serta Khairullah, S.Pd.I.

Wakil Ketua Pansus 2 Heri Hermawan menyampaikan hal berkaitan dengan prioritas pembangunan Kota Bandung harus lebih spesifik.

"Kajiannya harus dikaji lebih spesifik, jangan terlalu umum, dan nilai pembangunan daerah harus bagus dan harus dipikirkan bersama," katanya.

Dengan tema ketahanan kota, kata Heri, tentunya berkaitan dengan sektor kesehatan, ekonomi dan infrastruktur harus fokus dan menjadi cerminan hasil kinerja Pemerintah Kota Bandung. Rencana ini juga harus selaras dengan tema, fokus, dan keterbatasan anggarannya.

Sementara itu, Maya Himawati memberikan apresiasi yang baik terkait sektor kesehatan, yang menjadi salah satu prioritas di kajian RKPD Kota Bandung Tahun 2022.

"D isaat menghadapi wabah Pandemi Covid-19 ini memang seharusnya segi sektor kesehatan dijadikan prioritas. Terkait kesehatan prioritas sudah baik terkait dengan kajiannya kami minta disajikan secara detil kembali khususnya pada sektor kesehatan," ucapnya.

Hal senada disampaikan oleh anggota Pansus 2 lainnya, Rini Ayu Susanti. Ia menyoroti perhatian anggaran terkait kesehatan.

"Harus seefisien mungkin menghadapi wabah pandemi Covid-19 yang tidak tahu berakhirnya kapan dan tak lupa terkait pemulihan ekonomi pun harus dikaji ulang lagi, dan dinas terkait harus lebih aktif kembali untuk membantu masyarakat yang tidak memilki pekerjaan ataupun penghasilan dapat dengan membuat pelatihan agar masyarakat lebih terampil, membuka job fair secara virtual dan hal lain-lainya," katanya.

Anggota Pansus 2 lainnya, Salmiah Rambe menyoroti tema pembangunan Kota Bandung Tahun 2022 yakni meningkatkan Ketahanan Kota, Mempercepat Pemulihan Ekonomi, dan Reformasi Sosial menuju Kota Bandung yang nyaman, sejahtera, dan berdaya saing.

"Pada tema pembangunan Kota Bandung 2022, kami meminta Agamis agar ditambahkan juga karena Agamis termasuk pada Visi dan Misi Kota Bandung 2018-2023 dan masuk ke dalam sila pertama Pancasila,” ujarnya.

Kota Bandung, wartagaluh.com

  • Bagikan melalui: