Pemulihan Ekonomi Untuk Bisa Lebih Kreatif

Ketua DPRD Kota Bandung, Tedy Rusmawan, AT., MM menjadi narasumber dalam talkshow “Sapa Jabar” Kompas TV dengan topik “Mendorong Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kembali Bangkit,” di Gedung DPRD Kota Bandung, Rabu (16/6/2021).

Membahas terkait UMKM yang menjadi salah satu sektor yang terdampak dari masa pandemi COVID-19, ketua DPRD Kota Bandung menyampaikan pentingnya pemulihan ekonomi untuk membangkitkan ekonomi.

"Salah satu langkahnya kita harus secepatnya kembali memulihkan perekonomian di bidang ekonomi kreatif ini melalui inovasi-inovasi yang kita laksanakan, seperti penyaluran Dana Bantuan Sosial Produktif untuk para pelaku UMKM di Kota Bandung ini. Dengan hal tersebut harus dipantau secara berkala, pendampingan dan pengarahan dibutuhkan agar para pelaku ini kembali stabil dan kembali bangkit dalam segi ekonomi,” ujar Tedy.

Untuk mendukung pemulihan ekonomi ini, DPRD bersama Pemkot Bandung telah membangun Pusat Pemulihan UMKM, atau UMKM Recovery Centre (URC) yang dimanfaatkan sebagai sarana bagi pelaku UMKM menyampaikan aspirasi, motivasi, dan persoalan yang dihadapi dalam proses kegiatan UMKN.

"Kami telah membangun UMKM Recovery Centre, tepatnya di Jl. Mustang No.B2/14, Sukawarna, Kec. Sukajadi. Ini diperuntukan kepada pelaku UMKM yang mengalami permasalahan yang dihadapi seperti permodalan hingga pemasaran. Ini adalah sarana yang tepat tuntuk mendorong kembali kegiatan UMKM tetap berjalan dengan baik,” kata Tedy.

Di Era 4.0 ini, industri ekonomi kreatif dituntut untuk bisa berkolaborasi dengan dunia digital yang semakin canggih dan tentunya menawarkan kemudahan dalam proses berjalannya UMKM. Tentunya ditunjang dengan SDM di kalangan anak muda yang memiliki daya inovasi yang tinggi. Hal tersebut mendorong pemerintah mendirikan Co-Working Space untuk mewadahi anak muda menyalurkan ekpresi dan bakat khususnya di bidang ekonomi kreatif.

"Di era Digitalisasi 4.0, mau tidak mau kita kita harus mengoptimalkan marketing melalui digitalisasi. Sudah waktunya kita tinggalkan cara-cara konvensional menunjang itu semua. Kami akan mendirikan beberapa Co-Working Space untuk anak muda berkreasi dan mengembangkan skill-nya. Kita akan buka pelatihan fotografi produk, kuliner, fesyen, dan beberapa sektor ekonomi kreatif lainnya. Hal tersebut akan segera beroperasi dan diresmikan bersamaan dengan Hari Jadi Kota Bandung mendatang. Upaya-upaya tersebut tidak lain sebagai upaya mendorong UMKM di Kota Bandung kembali bangkit,” ucap Tedy.

Kota Bandung, wartagaluh.com

  • Bagikan melalui: