Bupati Bandung Izinkan Persib Latihan di Lapangan Sabilulungan

www.hu-pakuan.com BANDUNG - Persib berkesempatan untuk menjadikan Lapangan Sabilulungan sebagai homebase latihan.

Bupati Bandung, Dadang M Naser, mengatakan bahwa pihaknya sangat terbuka untuk memfasilitasi tim kebanggaan publik Kota Parahyangan tersebut.

Dadang senang bila Maung Bandung memanfaatkan fasilitas di kompleks olahraga Stadion Si Jalak Harupat tersebut.

Terlebih, dalam dua musim terakhir, Persib menjadikan Stadion Si Jalak Harupat sebagai homebase mereka di Liga 1.

"Tentu saja Persib boleh latihan di sini (Lapangan Sabilulungan). Basecamp-nya juga nanti kita siapkan juga Si Jalak Harupat untuk kepentingan pecinta sepakbola.

Ada beberapa venue lain seperti kolam renang yang harus dikelola dengan baik," ungkap Dadang Naser kepada wartawan.

Lapangan Sabilulungan merupakan sarana olahraga baru di komplek olahraga Stadion Si Jalak Harupat (SJH), Kabupaten Bandung.

Lapangan tersebut baru diresmikan pada Rabu (22/7/2020) dan akan difungsikan sebagai pendukung Stadion Si Jalak Harupat, sebagai lapangan utama.

Rencananya, Lapangan Sabilulungan juga akan diproyeksikan sebagai tempat latihan bagi para kontestan Piala Dunia U20 yang bermain di Kabupaten Bandung.

Stadion Si Jalak Harupat memang direkomendasikan PSSI untuk menjadi salah satu venue pertandingan Piala Dunia U20 pada 2021 mendatang.

Selain Stadion Si Jalak Harupat, PSSI juga menamakan lima stadion lain: Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) di Jakarta, Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (Palembang), Stadion Manahan (Solo), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), dan Stadion Kapten I Wayan Dipta (Bali).

Persiapan Indonesia untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U20 tentu tidak hanya berkutat pada masalah perbaikan atau renovasi stadion utama.

Akan tetapi, infrastruktur pendukung lainnya seperti lapangan latihan untuk para peserta juga harus diperhatikan.

Setidaknya, setiap kota penyelenggara harus memiliki satu stadion utama dan empat hingga lima lapangan latihan pendukung.

Dadang mengatakan, Lapangan Sabilulungan cukup representatif untuk dijadikan sebagai lapangan latihan bagi peserta Piala Dunia U20. Pasalnya, Lapangan Sabilulungan sudah bertaraf internasional dengan rumput artifisial.

"Ya, ini rumput sintetis kalau lapangan SJH rumput biasa. Ini biar efisiensi, pemeliharaannya lebih murah dibanding rumput asli," kata Dadang Naser.

Dadang melanjutkan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung berencana untuk membangun sejumlah fasilitas lain di sekitar komplek olahraga Stadion Si Jalak Harupat demi menunjang prestasi olahraga Indonesia.

"Nanti akan ada perumahan atlet, beberapa bangunan, dan wisma atlet," tutur Dadang Naser.

Adapun pihak Persib sangat menyambut baik dukungan dari Pemkab Bandung.

Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Umuh Muchtar mengatakan, Persib dan Pemkab Bandung memang memiliki hubungan yang baik. Sehingga, dia sangat bersyukur bila Pemkab Bandung memfasilitasi kebutuhan kegiatan sepak bola Persib.

"Ya, soal Jalak kalau ada waktunya dan tidak diperketat. Hubungan kami dengan pihak Jalak sangat dekat dan bapak Bupati sangat mendukung Persib. Beliau bobotoh, SJH pun jadi tempat terbaik bagi Persib, apalagi lokasinya gampang dijangkau, lebih aman, dan tertib," tegas Umuh.

  • Bagikan melalui: